'/> Contoh Naskah Khutbah Jum'at Dan Tata Cara Pelaksanaan Khutbah Jum'at

Info Populer 2022

Contoh Naskah Khutbah Jum'at Dan Tata Cara Pelaksanaan Khutbah Jum'at

Contoh Naskah Khutbah Jum'at Dan Tata Cara Pelaksanaan Khutbah Jum'at
Contoh Naskah Khutbah Jum'at Dan Tata Cara Pelaksanaan Khutbah Jum'at


Hari Jumat ialah hari yang mulia bagi umat islam, didalamnya kita disyariatkan untuk melaksanakan sholat yang kita sebut dengan sholat jumat yang disertai dengan khutbah.

Sebelum kita membahas perihal cara pengaplikasian khutbah jum'at, alangkah ludang keringh baiknya kita akan membahas ibadah Shalat jumat itu sendiri. sehingga kita mengetahui apa yang seharusnya kita kerjakan sesudah hingga di masjid, dihari jumat siang. Dan tata cara pengaplikasian Shalat Jum’at, yaitu :



1   Khatib naik ke atas mimbar setelah tergelincirnya matahari (waktu dzuhur), kemudian memdiberi salam dan duduk.

2       Muadzin mengumandangkan adzan sebagaimana halnya adzan dzuhur.

3     Khutbah pertama: Khatib berdiri untuk melaksanakan khutbah yang dimulai dengan hamdalah dan kebanggaan kepada Allah SWT serta membaca shalawat kepada Rasulullah SAW. Kemudian memdiberikan masukan kepada para jama’ah, mengingatkan mereka dengan bunyi yang lantang, memberikan perintah dan larangan Allah SWT dan RasulNya, mendorong mereka untuk berbuat kebajikan serta menakut-nakuti mereka dari berbuat keburukan, dan mengingatkan mereka dengan janji-janji kebaikan serta ancaman-ancaman Allah Subhannahu wa Ta’ala. Kemudian duduk sebentar.

4  Khutbah kedua: Khatib memulai khutbahnya yang kedua dengan hamdalah dan kebanggaan kepadaNya. Kemudian melanjutkan khutbahnya dengan pengaplikasian yang sama dengan khutbah pertama hingga selesai

5  Khatib kemudian turun dari mimbar. Selanjutnya muadzin melaksanakan iqamat untuk melaksanakan shalat. Kemudian memimpin shalat berjama’ah dua rakaat dengan mengeraskan bacaan.



Rukun khutbah Jumat

1)      Rukun Pertama: Hamdalah

Khutbah jumat itu wajib dimulai dengan hamdalah. Yaitu lafaz yang memuji Allah SWT. Misalnya lafaz alhamdulillah, atau innalhamda lillah, atau ahmadullah. Pendeknya, minimal ada kata alhamd dan lafaz Allah, baik di khutbah pertama atau khutbah kedua.

Contoh bacaan:

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ



2)      Rukun Kedua: Shalawat kepada Nabi SAW

Shalawat kepada nabi Muhammad SAW harus dilafadzkan dengan jelas, paling tidak ada kata shalawat. Misalnya ushalli ‘ala Muhammad, atau as-shalatu ‘ala Muhammad, atau ana mushallai ala Muhammad.

Contoh bacaan:

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.



3)      Rukun Ketiga: Washiyat untuk Taqwa

Yang dimaksud dengan washiyat ini ialah perintah atau undangan atau proposal untuk bertakwa atau takut kepada Allah SWT. Misalnya dalam bentuk kalimat: “takutlah kalian kepada Allah”. Atau kalimat: “marilah kita bertaqwa dan menjadi hamba yang taat”.

Contoh bacaan:

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ



Ketiga rukun di atas harus terdapat dalam kedua khutbah Jumat.



4)      Rukun Keempat: Membaca ayat Al-Quran pada salah satunya

Minimal satu kalimat dari ayat Al-Quran yang mengandung arti komplit. Bukan sekedar kepingan yang belum komplit pengertiannya. Maka tidak dikatakan sebagai pembacaan Al-Quran bila sekedar mengucapkan lafadz: “tsumma nazhar”.

Tentang tema ayatnya bebas saja, tidak ada ketentuan harus ayat perihal perintah atau larangan atau hukum. Boleh juga ayat Alquran perihal cerita umat terlampau dan lainnya.

Contoh bacaan:

فَاسْتبَقُِوا اْلخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونوُا يَأْتِ بِكُمُ اللهُ جَمِيعًا إِنَّ اللهَ عَلىَ كُلِّ شَئٍ قَدِيرٌ



أَمّا بَعْد

Selanjutnya beramanat untuk diri sendiri dan jamaah semoga selalu dan meningkatkan taqwa kepada Allah SWT, kemudian mulai berkhutbah sesuai topiknya. Memanggil jamaah sanggup dengan panggilan ayyuhal muslimun, atau ma’asyiral muslimin rahimakumullah, atau “sidang jum’at yang dirahmati Allah”.



……. Isi Khutbah Pertama ………



Setelah di itu menutup khutbah pertama dengan do’a untuk seluruh kaum muslimin dan muslimat.

Contoh bacaan:

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.



Lalu duduk sebentar untuk memdiberi kesempatan jamaah jum’at untuk diberistighfar dan membaca shalawat secara perlahan. Setelah itu, khatib kembali naik mimbar untuk memulai khutbah kedua. Dilakukan dengan diawali dengan bacaaan hamdallah dan diikuti dengan shalawat.

Contoh bacaan:

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَلِيُّ الصَّالِحِينَ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا خَاتَمُ الأَنْْْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِينَ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ., أَمَّابعد,



Selanjutnya di isi dengan khutbah baik berupa ringkasan, maupun hal-hal terkait dengan tema/isi khutbah pada khutbah pertama yang berupa washiyat taqwa.

 

……. Isi Khutbah Kedua ………



5)      Rukun Kelima: Doa untuk umat Islam di khutbah kedua

Pada bab akhir, khatib harus mengucapkan lafaz yang doa yang pada dasarnya meminta kepada Allah kebaikan untuk umat Islam. Misalnya kalimat: Allahummaghfir lil muslimin wal muslimat . Atau kalimat Allahumma ajirna minannar .

Contoh bacaan do’a penutup:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.

رَبّنَا لاَتُؤَاخِذْ نَا إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلََى اّلذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا رَبّنَا وَلاَ تًحَمّلْنَا مَالاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ.

رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. والحمد لله رب العالمين.



عِبَادَ الله, إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالمُنْكَرِ وَالبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلّكُمْ تَذَكَّرُونَ

فَاذْكُرُوا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرُكُمْ وَ اشْكُرُوا عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَ لَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر وَ اللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.

Selanjutnya khatib turun dari mimbar yang eksklusif diikuti dengan iqamat untuk memulai shalat jum’at. Shalat jum’at sanggup dilakukan dengan membaca surat al a’laa dan al ghasyiyyah, atau surat sanggup juga surat al jum’ah, al kahfi atau yang lainnya.





Hal-hal yang patut diketahui dalam Khutbah Jumat

Khutbah yang disyari’atkan ialah khutbah yang biasa dilakukan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang di dalamnya mengandung targhib (motivasi) juga tarhib (peringatan) bagi manusia. Nasihat yang ada di dalam khutbah ialah materi yang disampaikan di dalam khutbah itu sendiri, maka kalau seorang khatib melakukannya, berarti dia telah menunaikan perbuatan yang masyru’ (disyari’atkan), hanya saja kalau dia mekomplitinya dengan memuji kepada Allah, membaca shalawat kepada Rasul-Nya, dan dengan membaca ayat-ayat al-Qur-an, maka bergotong-royong ia telah melaksanakan yang ludang keringh sempurna.

Dan ruh khutbah ialah hikmah itu sendiri, baik diambil dari al-Qur-an, hadits atau yang lainnya. Dan demikianlah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengawali khutbahnya dengan memuji kepada Allah, membaca shalawat, dengan membaca dua kalimat syahadat, membaca satu surat komplit. Semua itu ditujukan untuk memdiberikan hikmah dengan al-Qur-an dan memberikan peringatan (larangan) tiruanngkinnya dengan tidak memkonsentrasikan kepada satu surat saja.

Diriwayatkan dari Jabir bin 'Abdillah Radhiyallahu anhu, bergotong-royong dia berkata:


كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَطَبَ احْمَرَّتْ عَيْنَاهُ وَعَلاَ صَوْتُهُ وَاشْتَدَّ غَضَبُهُ حَتَّـى كَأَنَّهُ مُنْذِرُ جَيْشٍ يَقُولُ صَبَّحَكُمْ وَمَسَّاكُمْ وَيَقُولُ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَـابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ.

“Jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhutbah, maka kedua matanya memerah, suaranya keras (meninggi), kemarahan dia memuncak sehingga ia bagaikan seorang komandan pasukan yang berkata, ‘Musuh kalian akan tiba pada waktu pagi dan sore,’ kemudian dia berkata, ‘Amma ba’du: Sesungguhnya sebaik-baik perkataan ialah Kitabullah, sebaik-baik petunjuk ialah petunjuk Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan sejelek-jelek urusan ialah yang diada-adakan dan setiap perbuatan bid’ah ialah kesesatan.” (HR. Muslim)



Berikut Contoh Khutbah Jum'at :

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

 اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ. أَمَّا بَعْدُ؛

 فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.



Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah;



Marilah kita selalu mengulangi ucapan rasa syukur kepada Allah lantaran nikmat-nikmat-Nya yang telah tercurahkan kepada kita tiruana sehingga kesehatan jasmani dan rohani masih menghiasi kita. Semoga rasa syukur yang kita panjatkan ini, menjadi kunci ludang keringh terbukanya pintu-pintu karunia-Nya. Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman:







"Sesungguhnya kalau kau bersyukur, niscaya kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan kalau kau mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Q.S: IBRAHIM: 7)

Kami peringatkan juga para jamaah dan diri ini semoga senantiasa menjaga ketaqwaan, yakni dengan mengerjakan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dihentikan oleh Allah Swt, tentunya denga cara menauladani Rasulullah SAW.



Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah;



Melatar belakangi khutbah kita kali ini yakni hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Mu’adz bin Jabal RA. Yang berbunyi:

العِلْمُ إِمَامُ العَمَلِ وَالعَمَلُ تَابِعُهُ


“Ilmu ialah pemimpin amal dan amalan itu berada di belakang sesudah adanya ilmu.” 

Bukti bahwa ilmu ludang keringh dilampaukan daripada amalan



Ulama hadits terkemuka, yakni Al Bukhari berkata, “Al ‘Ilmu Qoblal Qouli Wal ‘Amali (Ilmu Sebelum Berkata dan Berbuat)” Perkataan ini merupakan kesimpulan yang dia ambil dari firman Allah ta’ala,


فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ



Maka ketahuilah! Bahwasanya tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu.” (QS. Muhammad [47]: 19)

Dalam ayat ini, Allah memulai dengan “ketahuilah” kemudian menyampaikan ”mohonlah ampun”. Ketahuilah yang dimaksudkan ialah perintah untuk diberilmu  terludang keringh lampau, alasannya untuk mengetahui harus dengan ilmu. Sedangkan “mohonlah ampun” ialah amalan. Ini menandakan bahwa ilmu hendaklah ludang keringh lampau sebelum amal perbuatan.

Sufyan bin ‘Uyainah rahimahullah berbukti dengan ayat ini untuk menawarkan keutamaan ilmu. Hal ini sebagaimana dikeluarkan oleh Abu Nu’aim dalam Al Hilyah kadab menjelaskan biografi Sufyan dari jalur Ar Robi’ bin Nafi’ darinya, bahwa Sufyan membaca ayat ini, kemudian mengatakan, “Tidakkah engkau mendengar bahwa Allah memulai ayat ini dengan menyampaikan “ketahulah maksudnya ilmuilah”, kemudian Allah memerintahkan untuk beramal?” (dalam Fathul Bari, Ibnu Hajar, hal.108)

Al Muhallab rahimahullah dalam Syarh Al Bukhari libni Baththol, hal. 144 mengatakan: “Amalan yang mempunyai kegunaan ialah amalan yang terludang keringh lampau dilampaui dengan ilmu. Amalan yang di dalamnya tidak terdapat niat, ingin mengharap-harap ganjaran, dan merasa telah berbuat ikhlas, maka ini bukanlah amalan (karena tidak dilampaui dengan ilmu).

Ibnul Munir rahimahullah dalam Fathul Bari hal 108, berkata: “Yang dimaksudkan oleh Al Bukhari bahwa ilmu ialah syarat benarnya suatu perkataan dan perbuatan. Suatu perkataan dan perbuatan itu tidak teranggap kecuali dengan ilmu terludang keringh lampau. Oleh alasannya itulah, ilmu dilampaukan dari ucapan dan perbuatan, lantaran ilmu itu pelurus niat. Niat nantinya yang akan memperbaiki amalan.”

Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah;



Keutamaan ilmu syar’i yang luar biasa

Setelah kita mengetahui hal di atas, hendaklah setiap orang ludang keringh memusatkan perhatiannya untuk diberilmu terludang keringh lampau daripada beramal. Semoga dengan mengetahui faedah atau keutamaan ilmu syar’i diberikut akan menciptakan kita ludang keringh termotivasi dalam hal ini.

Pertama, Allah akan meninggikan derajat orang yang diberilmu di alam abadi dan di dunia

Di akhirat, Allah akan meninggikan derajat orang yang diberilmu beberapa derajat berbanding lurus dengan amal dan dakwah yang mereka lakukan. Sedangkan di dunia, Allah meninggikan orang yang diberilmu dari hamba-hamba yang lain sesuai dengan ilmu dan amalan yang dia lakukan.

Allah Ta’ala berfirman,


يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ



Allah akan meninggikan orang-orang yang diberiman di antaramu dan orang-orang yang didiberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS Al Mujadalah: 11)





Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah;



Kedua, seorang yang diberilmu ialah cahaya yang banyak dimanfaatkan insan untuk urusan agama dan dunia meraka.



Dalilnya, satu hadits yang sangat dikenal bagi kita, cerita seorang pria dari Bani Israil yang membunuh 99 nyawa. Kemudian dia ingin bertaubat dan dia bertanya siapakah di antara penduduk bumi yang paling diberilmu, maka ditunjukkan kepadanya seorang pakar ibadah. Kemudian dia bertanya kepada si pakar ibadah, apakah ada taubat untuknya. Ahli ibadah menganggap bahwa dosanya sudah sangat besar sehingga dia menyampaikan bahwa tidak ada pintu taubat bagi si pembunuh 99 nyawa. Maka dibunuhlah pakar ibadah sehigga genap 100 orang yang telah dibunuh oleh pria dari Bani Israil tersebut.

Akhirnya dia masih ingin bertaubat lagi, kemudian dia bertanya siapakah orang yang paling diberilmu, kemudian ditunjukkan kepada seorang ulama. Dia bertanya kepada ulama tersebut, “Apakah masih ada pintu taubat untukku.” Maka ulama tersebut menyampaikan bahwa masih ada pintu taubat untuknya dan tidak ada satupun yang menghalangi dirinya untuk bertaubat. Kemudian ulama tersebut menawarkan kepadanya semoga berpindah ke sebuah negeri yang penduduknya merupakan orang shaleh, lantaran kampungnya merupakan kampung yang dia tinggal kini ialah kampung yang penuh kerusakan. Oleh lantaran itu, dia pun keluar meninggalkan kampung halamannya. Di tengah jalan sebelum hingga ke negeri yang dituju, dia sudah dijemput kematian. (HR. Bukhari dan Muslim). Kisah ini merupakan cerita yang sangat masyhur. Lihatlah perbedaan pakar ibadah dan pakar ilmu.



Ketiga, ilmu ialah warisan para Nabi



Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,



إِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلاَ دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ




Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambilnya, maka dia telah memperoleh keberuntungan yang banyak.” (HR. Tirmidzi, Syaikh Al Albani dalam  Shohih wa Dho’if Sunan Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Keempat, orang yang diberilmu yang akan mendapat seluruh kebaikan



Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ

“Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapat seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia perihal agama.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, “Setiap orang yang Allah menghendaki kebaikan padanya niscaya akan didiberi kepahaman dalam duduk masalah agama. Sedangkan orang yang tidak didiberikan kepahaman dalam agama, tentu Allah tidak menginginkan kebaikan dan bagusnya agama pada dirinya.”



Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah;



Ilmu yang wajib dipelajari ludang keringh lampau



Ilmu yang wajib dipelajari bagi insan ialah ilmu yang menuntut untuk diamalkan dikala itu, adapun kadab amalan tersebut belum tertuntut untuk diamalkan maka belum wajib untuk dipelajari. Kaprikornus ilmu mengenai tauhid, mengenai 2 kalimat syahadat, mengenai keimanan ialah ilmu yang wajib dipelajari kadab seseorang menjadi muslim, lantaran ilmu ini ialah dasar yang harus diketahui.

Kemudian ilmu mengenai shalat, hal-hal yang berkaitan dengan shalat, seperti bersuci dan lainnya, merupakan ilmu diberikutnya yang harus dipelajari. Kemudian ilmu tentang hal-hal yang halal dan haram, ilmu perihal mualamalah dan seterusnya.

Contohnya seseorang yang dikala ini belum bisa berhaji, maka ilmu perihal haji belum wajib untuk ia pelajari dikala ini. Akan tetapi kadab ia telah bisa berhaji, ia wajib mengetahui ilmu perihal haji dan segala sesuatu yang berkaitan dengan haji. Adapun ilmu perihal tauhid, perihal keimanan, ialah hal pertama yang harus dipelajari lantaran setiap amalan yang ia lakukan tentunya berkaitan dengan niat. Kalau niatnya dalam melaksanakan ibadah lantaran Allah maka itulah amalan yang benar. Adapun kalau niatnya lantaran selain Allah maka itu ialah amalan syirik. Ini tiruana kalau dilatarbelakangi dengan aqidah dan tauhid yang benar.



Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah;

Marilah kita awali setiap keyakinan dan amalan dengan ilmu semoga luruslah niat kita dan tidak terjerumus dalam ibadah yang tidak ada tuntunan. Ingatlah bahwa suatu amalan yang dibangun tanpa dasar ilmu malah akan mendatangkan kerusakan dan bukan kebaikan.

‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz  dalam kitab Al Amru bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Mungkar, hal. 15 mengatakan:



من عبد الله بغير علم كان ما يفسد أكثر مما يصلح


 “Barangsiapa yang diberibadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan menciptakan banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.”

Hal ini sebagaimana terjadi pada kaum Quraiys kadab menjawaban seruan Nabi Muhammad SAW untuk menyembah Allah Swt, akan tetapi dengan pengetahuan mereka membantah seruan Nabi Muhammad SAW. Dengan menyampaikan bukankah Agama yang kami sembah selama ini ialah agama nenek moyang kita (menyembah Lata dan Uza)”. Ini merupakan suatu pola berinfak tanpa diberilmu yang benar.

Di samping itu pula, setiap ilmu hendaklah diamalkan semoga tidak serupa dengan orang Yahudi. Sufyan bin ‘Uyainah –rahimahullah dalam Majmu’ Alfatawa hal. 567 mengatakan:



مَنْ فَسَدَ مِنْ عُلَمَائِنَا كَانَ فِيهِ شَبَهٌ مِنْ الْيَهُودِ وَمَنْ فَسَدَ مِنْ عِبَادِنَا كَانَ فِيهِ شَبَهٌ مِنْ النَّصَارَى


“Orang diberilmu yang rusak (karena tidak mengamalkan apa yang dia ilmui) mempunyai keserupaan dengan orang Yahudi. Sedangkan pakar ibadah yang rusak (karena diberibadah tanpa dasar ilmu) mempunyai keserupaan dengan orang Nashrani.” (Majmu’ Al Fatawa, 16/567)

Semoga Allah senantiasa memdiberi kita bertaufik semoga setiap amalan kita menjadi benar alasannya sudah diawali dengan ilmu terlampau. Semoga Allah memdiberikan kita ilmu yang berkhasiat, amal yang sholeh yang diterima, dan rizki yang thoyib. Amin yarobbal alamin...

أَقُولُ قَوْ لِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيْمُ


Advertisement

Iklan Sidebar